Breaking

Rabu, 29 Januari 2020

Cara yang Tepat Membersihkan Karpet Mobil

Kebersihan mobil harus kamu jaga setiap hari agar tetap nyaman saat berkendara. Selain itu, kebersihan mobil juga dapat mencerminkan kepribadianmu. 

Tentu akan sangat malu sekali ketika kamu akan pergi kencan, tapi pasanganmu merasa rishi dengan keadaan mobilmu yang kotor. Terutama kebersihan pada karpet mobilmu yang terkadang sering menjadi sasaran kotoran yang menumpuk pada mobil.

Kebersihan mobil akan sangat terancam terutama saat musim hujan seperti belakangan ini, sehingga baik eksterior maupun interior akan terkena dampak kotornya. 


Pada bagian luar pasti akan sangat terlihat kotorannya, seperti lumpur, bekas hujan pada bodi mobil. Sedangkan pada bagian interior akan cepat kotor bergantung berapa banyak penumpang yang naik-turun mobil dan membawa kotoran alas sepatunya ke dalam mobilmu.

Walaupun karpet mobil terletak dibawah jok, kamu tetap harus membersihkannya demi menjaga kebersihan mobilmu. Apalagi jika kamu merupakan penyedia jasa sewa mobil, kebersihan mobil bisa menjadi pertimbangan dalam penentuan harga sewa atau harga mobil itu sendiri.
 
Sebelum kamu mulai membersihkan karpet mobilmu sendiri, tentu kamu tahu karpet mobil itu terbuat dari karet elastis, terkadang ada juga karpet yang bagian sisi-sisinya ditambah lis kain. Selain itu, ada juga karpet yang seluruhnya ditutupi kain dan bahan berbulu halus. Perbedaan bahan tersebut juga mempengaruhi cara membersihkan karpet mobil.
 
Karpet mobil selain berfungsi sebagai alas kaki pengendara dan penumpang, tetapi juga berfungsi untuk menyerap udara lembab, debu, air, AC yang bocor, dan juga menjaga agar kabin mobil tetep kering. Jika karpet dibiarkan lembab dan tidak dibersihkan bisa membuat kabin mobil menjadi lembab. Maka penting sekali untuk mengetahui cara membersihkan karpet mobil, berikut caranya:

  1. Keluarkan karpet mobil terlebih dahulu
Buka semua pintu mobil dan keluarkan karpet satu persatu, jangan membersihkan karpet yang masih ada di dalam mobil.Keluarkan karpet mobil guna mencegah air merusak interior mobil. 

Selain itu, jangan sampai pedal gas, kopling, dan rem terkena sesuatu yang berminyak atau berbusa agar kaki tergelincir karena licin saat berkendara. 

Kebanyakan karpet mobil dapat dikeluarkan dengan mudah sehingga kamu bisa membersihkanya dimanapun.


  1. Bersihkan karpet berbahan kain dengan penyedot debu
Ada baiknya menggunakan penyedot debu agar semua partikel debu dan sisa-sisa lumpur terangkat sebelum membersihkannya lebih lanjut. Jika sudah membersihkannya dan karpet masih basah, kamu bisa menggunakan soda kue untuk menyerap lembab dan bau pada karpet. 

Caranya, taburkan soda kue secara merata dan diamkan selama 10-20 menit. Setelah itu gunakan penyedot debu lagi untuk membersihkan sisi-sisi karpet dan pastikan tidak ada remah-remah atau debu yang tertinggal