Breaking

Jumat, 22 Agustus 2014

5 Cara Professional Membersihkan Karpet Anda

Kehadiran karpet di rumah selalu memberikan kesan tersendiri bagi siapapun yang ada dirumah. Dengan kehadiran karpet, dapat mempererat suasana bersama keluarga atau tamu yang kebetulan sedang datang.

Tentang Karpet

Karpet adalah tekstil penutup lantai, terdiri dari lapisan atas "berbulu" yang melekat pada alasnya. Tumpukan permadani umumnya terbuat dari wol atau serat buatan manusia seperti polypropylene, dan biasanya terdiri dari lilitan-lilitan jumbai yang acapkali dipanaskan untuk mempertahankan struktur mereka.

Baca juga Cara membersihkan karpet dirumah

Istilah "karpet" sendiri berasal dari kata dalam Bahasa Italia kuno carpita, "carpire" yang berarti membului. Kata karpet biasanya dipakai juga untuk menyebut permadani, di mana permadani Persia diperkenalkan setelah dibukanya jalur perdangangan dengan Eropa barat pada abad ke-17. Dalam sejarahnya karpet atau permadani dipakai juga untuk menyebut penutup meja maupun dinding, karena karpet tidak lazim dipakai untuk menutupi lantai di Eropa hingga abad ke-18.


Karpet memang mudah sekali kotor. Tentu saja mudah kotor karena posisinya di bawah, yang selalu diinjak. Karena sering kotor, maka kita harus sering membersihkannya, agar kesehatan penghuni rumah terjaga. Sesungguhnya, merawat karpet tidak  harus mengeluarkan usaha ekstra. Berikut adalah 5 cara professional untuk membersihkan karpet anda, cara ini sering digunakan oleh jasa cuci karpet rumah.

5 Cara Professional Membersihkan Karpet Anda

Untuk membersihkan karpet secara professional, anda tentu membutuhkan perlengkapan untuk membantu pekerjaan. Berikut ini adalah perlengkapan yang anda perlu persiapkan :
  1. Ember Untuk Meletakan Larutan Cairan Pembersih
  2. Jet Sprayer/Pompa Bertekanan
  3. Vacuum Cleaner
  4. Steam Cleaner

Langkah-Langkah membersihkan karpet secara professional

Setelah mempersiapkan berbagai macam perlengkapan untuk membersihkan karpet anda secara professional, maka langkah-langkah yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:
  • Mulailah dengan membersihkan semua debu yang menempel, gunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu yang menempel pada karpet minimal sebulan sekali. Jangan menyapunya dengan sapu lidi, sebab hanya akan membuat debu berterbangan yang akan beresiko pada kesehatan pernapasan, sementara debunya masih tetap menempel pada permukaan karpet.
  • Basahi permukaan karpet yang sudah divacuum tadi untuk menghilangkan debu-debu halus yang mungkin masih tersisa. Proses pembasahan ini bisa dibantu dengan jet sprayer yang memiliki kekuatan tekanan saat penyemprotan. Ini akan memudahkan tugas anda dalam membersihkan karpet dengan ukuran yang besar.
  • Sebisa mungkin jangan biarkan karpet terkena paparan sinar matahari, karena hal itu akan membuat warna karpet cepat terlihat pudar dan kusam. Kemudian rutinlah mengganti posisi karpet agar bagian yang jarang sekali terinjak tidak terlihat belang.
  • Proses pengeringan bisa dibantu dengan steam cleaner untuk mempercepat proses, dengan bantuan Steam, bakteri yang melekat pada karpet juga akan hilang. Pembersihan dengan bantuan steam atau udara panas ini terbukti meningkatkan efisiensi kerja lebih cepat.
  • Tahapan akhir adalah dengan memanfaatkan bubuk baking soda untuk menghilangkan bau tak sedap pada karpet. Cukup dengan menaburkannya secara merata, kemudian tunggu sekitar 30 menit. Lalu bersihkan bubuk baking soda menggunakan vacuum cleaner.
Demikianlah 5 cara professional membersihkan karpet anda. Tidak sulit bukan, selamat mencoba