Breaking

Rabu, 20 Agustus 2014

5 Cara Mencuci Karpet Sendiri Dengan Cepat Dan Bersih

Menjaga kebersihan disekitar kita merupakan sebuah keharusan, apalagi untuk area rumah. Biasanya didalam rumah banyak bersarang debu debu yang dapat mengganggu kesehatan, debu ini bisa menempel di setiap sudut rumah terutama benda-benda yang memiliki serat seperti karpet.

Karpet merupakan bahan tekstil yang berbentuk lembaran, biasanya terbuat dari serat wool yang dipintal dan menjadi alas diatas lantai guna mencegah dingin di lantai terkontak langsung dengan tubuh, terutama kaki.
Karena karpet sering melakukan kontak dengan kaki, maka tak jarang karpet paling sering kotor apalagi jika karpet tersebut terletak di area yang strategis dimana orang sering lalu lalang disana. Untuk menjaga kebersihan karpet memang tidak mudah, dengan bahan yang berbeda-beda menjadikan perawatan karpet memiliki proses yang berbeda pula, baik metode, bahan pembersih dan alat yang digunakan.


Oleh sebab itu, melalui artikel berikut ini, kami hendak memberikan 5 cara mencuci karpet yang bisa anda praktekan sendiri untuk mendapatkan hasil yang bersih dengan waktu proses relatif singkat. Selama proses pembersihan ini, kami menggunakan alat dan bahan sebagai berikut :
  • Sikat Dengan Ujung Yang Halus (biasanya sikat semir sepatu memiliki ujung yang halus)
  • Detergent Cair (pada proses kali ini kami menggunakan detergent merek so klin)
  • Selang dengan ujung yang bisa diatur bukaan air nya (bisa anda beli disini)
  • Semprotan Taman
  • Hair Dryer
  • Steam Cleaner
  • Vacuum Cleaner
Saat perlatan diatas sudah anda persiapkan, kini saatnya proses pembersihan.

baca juga Jasa Cuci Karpet Murah Berkualitas

1. Semprotkan Karpet Dengan Campuran Detergent Cair

Cara pertama yang kami lakukan dalam proses pembersihan adalah dengan mencampurkan detergent cair kedalam bak atau ember dengan perbandingan 1:100. Lalu memasukan cairan ini kedalam semprotan taman yang sudah dipersiapkan.


Tujuan pencampuran ini adalah menghemat waktu untuk membasahkan karpet, dengan adanya larutan detergent cair menjadikan karpet dibasahi dan langsung dicuci. Bahkan anda bisa langsung menyikat secara lembut permukaan yang dibasahi untuk lebih mempersingkat waktu.

2. Memanfaatkan Vacuum Cleaner saat proses pembersihan

Saat membersihkan dan karpet dalam kondisi basah, anda bisa menggunakan vacuum cleaner untuk menghisap debu yang menggumpal menjadi satu bagian besar. Cara ini terbukti lebih efektif untuk menjaring semua debu yang menyangkut dalam serat karpet karena sudah dilarutkan dengan air.


Namun untuk menggunakan cara ini, anda perlu memperhatikan apakah suction atau area sedot vacuum cleaner bersih dari debu, karena jika tidak bersih yang ada karpet akan semakin kotor.

3. Gunakan campuran cuka dan detergent cair untuk mempercepat proses

Cuka memang larutan asam yang mampu melarutkan berbagai macam padatan. Larutkan 1 sendok makan cuka dalam 1L air yang digunakan untuk menyemprot karpet, masukan dalam semprotan untuk membersihkan area karpet.

Cara ini terbukti efektif untuk menghilangkan kotoran bahkan warna kusam yang melanda karpet anda.

4. Cuci karpet dengan Steam Cleaner

Mencuci karpet dengan bantuan steam cleaner dapat menghindarkan bau apek akibat tungau dan bakteri yang bersarang didalamnya. Cara ini sudah dilakukan oleh jasa cuci karpet rumah secara professional, sehingga tidak perlu diragukan lagi hasil yang didapat.


Membersihkan karpet dengan bantuan steam cleaner ini juga mampu menghemat proses permbersihan. Anda tidak perlu menyiram air karena uap air sudah menjadi satu kesatuan proses, termasuk juga membunuh bakteri yang ada didalam karpetnya.

5. Hanya bersihkan area yang kotor, tidak perlu seluruh area karpet

Agar membersihkan karpet menjadi lebih cepat, kadang hanya ada satu atau dua buah area yang kotor. Oleh sebab itu bersihkan saja seperlunya dan keringkan dengan bantuan hair dryer. Namun jika memang harus membersihkan seluruh area karpet, anda bisa menggunakan selang dengan ujung yang bisa di atur bukaan kerannya dan alirkan dengan air bertekanan rendah untuk melunturkan kotoran dan debu yang menempel.


Lima cara diatas merupakan cara tercepat dan terbersih yang pernah dicoba untuk membersihkan karpet anda sendiri. Dengan begitu anda lebih menghemat waktu dan dapat mengerjakan pekerjaan lainnya.